Pengalaman Wisata (yang gak terlalu menyenangkan ) ke Cirebon

Hari minggu kemarin, gue diajak mama untuk ikut wisata ke Cirebon. Awalnya gue sangat excited, karena sejak lama pengen coba wisata ke cirebon untuk pertama kalinya. Setiap orang pasti punya ‘moment pertama’, ntah berakhir dengan impresi yang menyenangkan atau justru sebaliknya.

Sayangnya, pengalaman pertama gue mengunjungi cirebon ini buat gue.. hmm.. gue cukup menyesal karena gak seperti yang gue bayangkan. Tenang.. bukan salah Cirebonnya kok, salahkan aja mantan atau gebetan yang selalu datang gak tepat pada waktunya. Loh! Well.. kenapa gue menyesal?

Pertama, yang ada dipikiran gue ketika mama ngajak untuk ikut ke Cirebon adalah.. WISATA KULINER! Di dalam pikiran udah berantem tuh Nasi jamblang, nasi lengko dan tahu gejrot nentuin siapa yang akan pertama dicoba. haha. Gue selalu suka nyoba kuliner daerah. namanya juga doyan makan, tapi gak semua makanan gue doyan sih. :p

Ternyata, pas hari H keberangkatan, masalah mulai muncul sejak akan pergi. Jadi kan nyokap ikut rombongan gitu ke cirebonnya, nah ternyata ada sedikit masalah soal bus yang akan dipakai ke cirebon. Tapi itu mah bukan urusan gue jadi yaudahlah yaa.. :))

Berangkatlah kita ke Cirebon jam 6.30 pagi, ternyata di jalan tol ada kemacetan cukup panjang dan lumayan lama karena ada bus yang terbalik. Tujuan pertama ketika sampai di Cirebon adalah Batik Trusmi. Rombongan sampai jam 10.30 di Batik Trusmi. Uhmm.. gak begitu banyak yang bisa dinikmati di sini. Selain belanja, kita bisa liat ibuk-ibuk yang sedang membatik, mungkin memang sengaja ditempatkan di Kayak pendopo gtu… ada mini amphiteather yang kebetulan ada pertunjukan tari saat gue akan pulang. Di Batik Trusmi ini juga ada resto Batik Kitchen buat isi perut setelah capek belanja. Batik trusmi sendiri yang gue lihat, selain menjual pakaian batik juga barang-barang kerajinan dengan motif batik, dan ada beberapa camilan. Kaya tempat perbelanjaan pada umumnya lah..

IMG_2467

Dari batik Trusmi, rombongan mulai lanjut melewati jalan pemukiman warga yang sempit dan selama perjalanan bikin gemas sendiri karena kenapa sih milih jalannya sempit gini. pret! Sampai lah di rumah kerang. Gak kaya tempat perbelanjaan lain yang ramai, rumah kerang ini apa yaa.. cenderung lebih sepi dan gerbangnya pun ditutup, cuma dibuka kalau ada pengunjung. Gue cukup amazed sama kerajinan kerang yang dijual di sini. Keren-keren! dan harganya juga gak kalah keren! :p

IMG_2438

Di rumah kerang cuma keliling liat-liat, dan gak lama.. pas mau pulang di luar gue menemukan tahu Gejrot. Nyam! Gpp nyoba tahu gejrot pakai roda di pinggiran kalo di kota asalnya. :))) Dari sana lanjutlah kita ke.. gue gak tau tujuan sebenarnya tapi kalo gak salah ke daeran pecinaan. Mampir ke Pusat oleh-oleh shinta. Di sini gue udah mulai jengkel. Ini wisata apaan sih seharian cuma shopping mulu. Makannya boro-boro cuma konsumsi yang dikasih waktu keberangkatan tadi. Karena gak banyak tempat makan yang gue inginkan (such as nasi jamblang, lengko dsb) akhirnya gue makan… KFC! NANAONAN! :((

IMG_2499

Setelah semua selesai berbelanja, lanjut lah yang katanya tujuan terakhir. Makan malam! di kapal pesiar Ceng Ho! Oke.. gue pikir ini tempat keren lah.. ada objek yang asik buat gue motret. Setidaknyaa kaaan diantara kejengkelan hari itu ada yang yaa menghibur hati. Tapi.. harapan tinggal harapan.. Mau makan penuh dan sesak. Menyebalkan!  Tour ini sangat sangat kacau menurut gue. Makan prasmanan dan bangku disusun kaya diundangan berderet tanpa meja. Hih. Akhirnya gue memutuskan untuk gak makan dan jalan-jalan di sekitar aja. Ceng Ho ini ada di cirebon Waterland, selain ada wisata air juga di sini ada semacam resort. Sayangnya air dari laut di sekitarnya bau, buat gue itu lumayan mengganggu.

IMG_2495

IMG_2518

IMG_2521

Gue hanya sempat foto-foto sebentar karena udah terlalu lelah dan cuaca sejak siang tadi panas banget. Untung gue bawa baju ganti, jadi gak terlalu sumuk. Buat gue, wisata ke Cirebon ini gak cocok untuk shopping. Panas dan bawaannya bikin kesal dan pening kepala. Harusnya cuaca panas diimbangi dengan asupan yang enak ke perut.. yaa kan agar supaya gak jengkel-jengkel amat gitu.. Kalo emang niat untuk keliling cirebon mau itu kuliner ataupun shopping kayanya sehari gak cukup cuma pakai satu kaos, dan mending bawa baju ganti biar gak terlalu sumuk.

So… overall gue gak puas berwisata (yang berakhir dengan shopping doang) ke Cirebon kemarin. Gue menyesal. Ke depannya gue lebih milih untuk eksplore sendiri daripada ikutan rombongan gak jelas gitu. Masih banyak yang ingin gue coba di Cirebon~ so.. sampai ketemu di perjalanan selanjutnya!

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *